Tuesday, April 26, 2011

Catatan 3

20.00
Baru saja selesai turun untuk makan malam.. Istilah kondektur bus adalah servis malam.. Wow bahasanya..bisa disalah artikan itu… ​◦°◦☺ Hªª:D hªª:D hªª‎​‎​:D ☺◦°◦
Lumayanlah istirahat 30 menit. Melemaskan kaki.. Menuntaskan hasrat.. Hasrat ke belakang.. Memenuhi paru-paru dengan udara malam yang jelas jauh lebih segar dibanding udara Jakarta. Udara Jakarta jelas penuh polusi. Di sini, di Rm. Kalijaga yang terletak di cirebon, tak jauh dari pintu keluar tol kanci, udara terasa berbeda.
Servis malam. Jangan membayangkan yang wah untuk servis malam. Dalam kondisi lelah di perjalanan, perut yang lapar, makanan apa aja akan habis disantap. Makanan yang dihidangkan hanya kuah soto bening. Yang benar-benar tak berwarna, tempe goreng tepung, ayam goreng, dan telur masak kecap. Untuk jenis okelah. Soal rasa, menurutku 3 saja. Dari skala 1-1O. Kuah hanya terasa manis, pedas dan hangat setelah dibubuhi kecap manis dan sambal. Tempe, biasa aja. Telur, sedikit keras. Sedangkan untuk ayam, entahlah. Aku tidak mencomot ayam gorengnya. Yang penting perut terisi. Tidak lapar di perjalanan dan tidak masuk angin.
Kenyang dengan makanan yang dihidangkan secara prasmanan, saatnya jalan-jalan ke pusat jajanan. Di dalam rumah makan itu.. Ada pojok kecil yang menjual oleh-oleh… Macamnya banyak. Mulai dari usus goreng, sale basah, slondok, klanting, sampai dodol garut. Harganya jelas jauh lebih mahal ketimbang di luaran. Maklumlah… Cuman dia satu-satunya yang jualan. Mau keluar dari area.. Malas. Selain itu, tak tau mau kemana… Gambaran saja, harga sprite botol Rp 8.000, harga dodol garut 1 pak Rp 10.000. Cukup mahal kan…
Jam 8 kurang 5 menit, sopir bus membunyikan klakson sebagai tanda untuk meminta penumpang menaiki bus dan melanjutkan perjalanan. Sopir busnya ganti. Beda dengan waktu berangkat. Setiap bus malam memiliki 2 orang sopir dan 1 orang kondektur yang melayani penumpang di dalam bus.
Jika kita naik bus eksekutif atau super exe, biasanya ada toilet di dalam, disediakan bantal, dan juga selimut. Entah kalau kelas lain.

No comments:

Post a Comment